Selama Pandemi Covid-19, Produk Ini yang Paling Dicari Melalui Marketplace

Produk kesehatan, keperluan rumah tangga, dan makanan minuman menjadi yang paling banyak dicari konsumen marketplace selama masa pandemi Covid-19 berlangsung.
Untuk Tokopedia, transaksi ketiga kategori produk tersebut melonjak hingga tiga kali lipat dibandingkan hari normal.
Demikian diungkapkan Vice President (VP) of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, melalui siaran pers yang diterima "PR", Kamis, 9 April 2020.
Menurut dia, disinfektan, tisu, dan air purifier menjadi produk yang paling diminati selama Maret pada kategori rumah tangga.
"Sementara untuk kategori kesehatan, hand sanitizer, vitamin, dan masker yang paling banyak dicari," ujarnya.
Bahkan, menurut dia, selama Maret 2020, nilai penjualan masker meningkat hingga 197 kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.
Di sisi lain, ada satu waktu dimana dalam 42 menit, 72.000 hand sanitizer terjual habis, dengan pembeli terjauh berasal dari Merauke.
Sementara untuk kategori makanan dan minuman, produk seperti daging sapi, jahe, dan kurma mengalami peningkatan permintaan yang signifikan.
Selama Maret 2020 lebih dari 100 ton daging sapi terjual di Tokopedia.
"Jumlah jahe yang terjual mencapai 60 ton, setara dengan jumlah jahe yang dibutuhkan untuk membuat jamu empon-empon bagi seluruh masyarakat Kota Sukabumi," tutur Nuraini.
Lonjakan transaksi tersebut, menurut dia, tidak terlepas dari keberadaan belanja online sebagai alternatif untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai.
Dengan kondisi ini, marketplace juga bisa menjadi pendorong bisnis lokal untuk tetap beroperasi selama pandemi.

SUMBER

Share

LATEST ARTICLES